Pengertian CSS


Cascading Style Sheets (CSS) adalah sebuah style sheet bahasa yang digunakan untuk menggambarkan semantik presentasi (tampilan dan format) dari dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Penerapannya paling umum adalah untuk halaman web gaya ditulis dalam HTML dan XHTML, tetapi bahasa juga dapat diterapkan untuk semua jenis dokumen XML, termasuk polos XML, SVG dan XUL.

CSS dirancang terutama untuk memungkinkan pemisahan konten dokumen (yang ditulis dalam HTML atau bahasa markup yang mirip) dari penampilan dokumen, termasuk unsur-unsur seperti tata letak, warna, dan font. [1] Pemisahan ini dapat meningkatkan aksesibilitas isi, memberikan lebih banyak fleksibilitas dan kontrol dalam spesifikasi karakteristik presentasi, memungkinkan beberapa halaman untuk berbagi format, dan mengurangi kompleksitas dan pengulangan dalam konten struktural (seperti dengan memungkinkan untuk desain web Tableless). CSS juga dapat memungkinkan halaman markup yang sama yang akan disajikan dalam gaya yang berbeda untuk metode rendering yang berbeda, seperti di layar, di cetak, dengan suara (ketika dibacakan oleh browser pidato-based atau pembaca layar) dan Braille berbasis, taktil perangkat. Hal ini juga dapat digunakan untuk memungkinkan halaman web untuk menampilkan secara berbeda tergantung pada ukuran layar atau perangkat yang sedang dilihat. Sementara penulis dokumen biasanya menghubungkan bahwa dokumen ke style sheet CSS, pembaca dapat menggunakan style sheet yang berbeda, mungkin satu di komputer mereka sendiri, untuk menimpa salah satu penulis telah ditentukan.

CSS menetapkan skema prioritas untuk menentukan aturan gaya berlaku jika sesuai aturan lebih dari satu melawan elemen tertentu. Dalam apa yang disebut kaskade, prioritas atau bobot dihitung dan ditugaskan untuk peraturan, sehingga hasilnya dapat diprediksi.

Spesifikasi CSS diselenggarakan oleh World Wide Web Consortium (W3C). Jenis media internet (tipe MIME) text / css terdaftar untuk digunakan dengan CSS oleh RFC 2318 (Maret 1998).
dikutip dari  wordpress.com

0 komentar:

Post a Comment