Arsitektur Sistem informasi SMA



Saat ini teknologi informasi telah berkembang dengan sangat pesat. Informasi sudah semakin mudah diperoleh, sudah semakin  bervariasi bentuknya, dan semakin banyak pula kegunaannya. Teknologi informasi berperan penting dalam memperbaiki kinerja suatu informasi. Penggunanya tidak hanya sebagai proses otomatisasi terhadap askses informasi, tetapi juga menciptakan akurasi,kecepatan, dan kelengkapan sebuah system yang terintegrasi, sehingga proses organisasi yang terjadi  akan efisien, terukuran dan fleksibel.
Disebutkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) No.19 tahun  2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) bahwa pengelolaan oleh satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah diharuskan menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang ditunjukan dengan kemandirian,kemitraan, partisipan, keterbukaan, dan akuntabalititas (pasal 49 ayat 1). Hal tersebut menjadi tolak ukur baik tidaknya pengelolaan satuan pendidikan. Pengelolaan  satuan  pendidikan  sesuai  standar  nasional  pendidikan  menjadi  salah  satu  penentu tercapainya pendidikan yang berkualitas.
Website sekolah yang ada saat ini belum sepenuhnya dapat menyediakan informasi yang lengkap karena hanya terbatas pada informasi yang bersifat umum, sedangkan pengolahan data pendidik, peserta didik , dan evaluasi masih dilakukan secara manual. Untuk mengatasi permasalhan diatas, SMA As-syafi’iyah sudah seharusnya memiliki system informasi yang lebih dinamis, cepat, efisien dan terkoneksi dalam satu jaringan.
Maka permasalahan di atas,di perlukan Arsitektur  sistem informasi yang baik. Sebagai bentuk sesuai kebutuhan organisasi masing-masing. Oleh karena itu untuk dapat menerapkan sistem yang efektif dan efisien diperlukan perencanaan,pelaksanaan,pengaturan, dan evaluasi sesuai dengan keinginan masing-masing organisasi. Guna dari sistem yang efektif dan efisien tidak lain untuk mendapatkan keunggulan dalam berkompetisi. Semua orang dapat menggunakan sistem informasi.  Permanfaatan teknologi informasi menjadi kebutuhan yang tidak dapat ditawar lagi dalam membantu semua kegiatan.



Keunggulan arsitektur sistem informasi zaman sekarang sudah mudah dapat di proses untuk memecahkan  masalah dengan cara yang cepatdan efisien. Arsitektur informasi menggunakan arsitektur teknologi yang dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu tersentralisasi (centralized), desen­tralisasi (decentralized), dan client/server.







0 komentar:

Post a Comment