ARTIKEL LKG

LKG
Pertama-tama gw bingung LKG itu apa,Cuma temen se organisasi gw bilang LKG tuh “lomba balap gunung”,kebetulan banget waktu itu gw lagi ga ada kegiataan dan gw pun langsung mengajukan diri sebagai tim dari anapholis mercusian untuk ikut menjadi peserta,oh iya kenalin ne gw,nama gw yuliyanto atau sering dipanggil thole,yah ketahuan kan gw orang jawa’ gw mahasiswa jurusan Teknik Informatika Smester 5,haha #gakpenting. #lanjut, gw ikut organisasi pencinta alam yang yang ada di “STMIK Mercusuar” atau nama organisasinya “ANAPHOLIS MERCUSUAR”,lo pasti pada tau kan,haha#soktau
Next ,langsung keceritanya ajah ya,waktu itu tepatnya tanggal 9 november pukul 21.00,semua tim perwakilan dari MAPALA ANAPHOLIS MERCUSIAN,tepatnya sih ada 2 tim yang diturunkan untuk mengikuti Lomba itu,masing-masing tim terdiri dari 3 orang,berkumpul Di kampus STMIK Mercusuar,untuk siap-siap berangkat ke sekertariat vanapharsta yang berada didaerah setia budi,oh iya LKG diadakan oleh Organisasi pencinta alam vanaprastha,dimana organisasi ini telah berdiri sejak  lama,sejujurnya gw gag tau pastinya sih,dan diketuai oleh bpk…..,lo pasti tau kan,organisasi ini telah hampir menaklukkan semua gunung yang berada di Indonesia,bahkan tak jarang mereka melakukan pendakian sampai ke negri sebrang.detailnya lo gogling ajah yah,haha
Balik lagi,kami tadinya ingin berangkat diwaktu pagi hari namun banyak yang tidak setuju karna takut tertinggal kendaraan,tau sendiri kan Jakarta macetnya gimana,#jangan difikirin ga penting’haha.akhirnya kami siap-siap berangkat pukul 24.00,tapi sebelum itu kami mampir dahulu ketempat angkringan atau tempat makan pinggir jalan yang ada di depan kampus Mercusuar,untuk mengisi amunisi didalam perut kami@ .setelah selesai kami pun bergegas berangkat menuju sekertariat vanaprasta yang ada disetia budi, kami diantarkan oleh 2 orang anggota ANAPHOLIS Mercusuar,yaitu kk ivul dan  kk uple doang*nama yang aneh,haha,Cuma nama panggilan,pembaca setia juga mesti tau nama-nama anggota yang ikut LKG,biar lebih akrab gitu,tim 1: ada Julian adinata diketua,barudin armes dan juga saya, tim ke 2 ada bpk roma alias romli,ujang iskandar dan juga ada uje dzu,itu nama panggilan semua loh.inilah nama semua pejuang ANAPHOLIS yang ikut memeriah kan LKG~haha lebay….
Teruskan”sesampai di setia budi atau tepatnya di sekertariat vanaprastha kami pun bergabung beserta peserta lainya yang sudah sampai disana terlebih dahulu,kami bersiap untuk beristirahat ditempat yang telah disediakan oleh panitia’setelah pagi menjelang kami bersiap-siap untuk berangkat menuju gunung putri karena lomba nya diadakan di gunung gede-pangrango dan memakai jalur pendakian gunung putri,perjalanan pun dimulai kami menaiki kendaraan yang telah disediakan oleh panitia. waktu itu pukul 07.00 pagi dan kami memulai perjalanan ke gunung putri ,sesampai disana,eets ntar dulu ada cerita plus-plusnyya ne,jadi pas lagi dijalan kami mendapati jalan kampus yang rusak berat dan disitu kami mendapat ofroad gratis ,hahaha*norak gw ya…
Sesampai disana kami menuju camping ground untuk mendirikan tenda, tepatnya tanggal 10 november,kami mendirikan tenda di camping ground tapi ga seenak yang dibayangkan karna waktu itu frame tendanya tertinggal dan yang dibawa hanya separuhnya,! Walah ko bisa,salahin aje bonk roman noo,sebulum berangkat ga mau di cek,haha.tapi sebagai MAPALA ANPHOLIS kami tidak kehabisan akal,kami memakai bahan dari alam untuk mendirikan tenda yaitu ‘bambu’untuk melengkapi frame yang kurang.setelah selesai tiba-tiba hujan menyambut dan itu membuat kami agak sedikit kewalahan karna barang-barang masihh ada diluar,kira-kira pukul 13.00 kami berhasil mendirikan tenda,dan tak lama berselang panitia memanggil perwakilan dari setiap tim untuk mengikuti rapat,namaya apa gitu gw lupa…maklumm udah udzur haha.
Next aja ya,kami menghabiskan malam untuk banyak ber istirahat untuk mengumpukan banyak tenaga,malam pun berlalu bintang menemani malam kami dan juga angin yang slalu menyelimuti kami,haha puitis banget…
 Pagi-pagi tepat tgl 11 november 2012,pukul 07.00 pagi,kami bergegas mengikuti upacara pembukaan LKG ternyata saat upacara gw baru engeh kalo hari itu/LKG itu diadakan untuk memperingati hari pahlawan,gila kata gw anak muda macem apa gw,hari penting gitu ampe ga inget,ckckck…ya udah lah
Waktu itu komandan upacara bpk …..,dan yang paling penting ketua acara LKG itu adalah salah satu Mahasiswa Mercusuar juga,gila keren gat uh..,namanya fachri  dia anak malam,gag tau smester berapa,tapi pengalamannya naik gunung jangan ditanya lagi dah<ternyata dia yang mengundang MAPALA ANAPHOLIS MERCUSIAN untuk ikut berpastisipasi dalam acara ini,mantap….                                   Setelah upacara selasai kami bergegas kekamping ground untuk persiapan lomba,tapi diluar rencana gw kebelet jadi gw minta yang lain nunggu buat nungguin gw yang pergi kejamban,haha#kacau yee….  ,perjalanan dari tempat upacara ke camping round kira-kira sekita 2 km atau lebih,berasa tuh buat pemanasan.setelah sampai kami packing untuk mengikuti lomba dan akhirnya lomba pun dimulai….tim kami yang dahulu mulai tim ke 2 ada dibelakang kami,pendakian yang belum pernah dilakukan dengan cepat. kini dimulai dan kami mesti bergegas,karna disetiap pos kami diberikan 2 kategori , yaitu kecepatan dan juga ketepatan waktu.pertama,kami tim pertama yang di ketuai oleh Julian adinata memulai star sekitar pukul 09.00 pagi dan berikutnya adalah tim ke 2 dari anapholis mercusian,kami bergegas memulai pendakian’ panitia memberikan waktu sekitar 45 menit untuk mencapai pos pertama ini kategori ketepatan waktu,namun sayang ditengah pendakian teman kami tidak mampu bergegas entah karena apa,akhirnya kami pun terdahului oleh tim ke 2 anapholis mercusian,walaupun begitu kami tak patah semangat ‘oh iya penilaian yang dilakukan bukan hanya sekedar kecepatan dan ketepatan waktu saja namun berat sampah yang akan dibawa oleh setiap tim nanti saat kembali turun kebawah’,akhirnya kami mempunyai ide yaitu tim ke 2 mengejar ketepatan dan juga kecepatan waktu dan tim 1 mengumpulkan sampah sebanyak mungkin,setelah pendakian yang melelahkan akhirnya kami tim ke 1 sampai juga di taman surya kecana namun belum sampai situ saja karena pos terakhir berada jauh diarah timur,yah kira-kira 2km lah,tapi lumayan juga tuh pegel,hahaha’.setelah kami sampai dipos terakhir kami bergabung dengan tim ke 2 yang sudah terlebih dahulu sampai,kami diberi waktu 20 menit untuk makan dan istirahat,yah lumayan lah buat ngilangin encok,bayangin aja dari bawah jam 9 pagi sampe di suken kisaran jam 12 lewat dikit deh….hmmmm mantapp….’tapi setelah sampai di suken lelah kami terobati oleh rasa rindu bunga abadi atau sering disebut bunga anapholis,angin,suasan,pemandangan serta awan yang seakan2 menari diatas kita’haha lebay gw ye’…..ok istirahat dulu…..
Next stori: setelah semua tim sampai dan setelah istirahat semua peserta diberikan waktu sekitar 30 menit untuk mengumpulkan sampah yang berada di embah surya kencana,yah seperti yang kaian tau kami telah mengumpulkan sampah sejak dari pos pertama,luamayan lah buat tambahan…..kami mencari berbagai jenis sampah mengelilingi lembah surya kencana dibantu tim ke 2,setelah waktu yang ditentukan habis akhirnya kami kembali ke pos akhir dan memulai star untuk kembali ke pos pertama yang ada di gunung putri,oh iya kalian pada gag tau kan sampah yang tadi kami kumpulin kemana,itu masih rahasia ntar aja liat ceritanya di akhir,hehehe’.tim 2 dari anapholis mercusian turun terlebih dahulu tak berselang lama kami menyusul,kalian pasti berfikir kalo naik itu lebih susah dibanding kan dengan turun kebawah,tapi pemikiran kalian tuh salah besar,karena turun kebawah itu menambah beban 5x dibandingkan naik,itu berpengaruh besar terhadap pergelangan kaki dan juga lutut kalian,salah injak saja bisa mengakibatkan kefatalan pada kaki,ini ciyusan loh,bukan nya gw sok tau…,,lanjut ya’ kami tim ke 2 bergegas turun,pas turun itu ada dari tim lain yang mendahului kami dan mereka berlari sangat mengerikan terutama pemimpinnya yang tidak memaki alas kaki,salut buat mereka….perjalanan turun kebawah tidak banyak menghabiskan waktu karena kami bisa memanfaatkan daya tarik bumi’yah walaupun agak sering tertabrak pohon dan juga kepleset….hehe,tapi akhirnya kami sampai dipos pertama hanya memerlukan 2 jam lebih sedikit’haha…yah lumayan lah karena tim kami sebelumnya belum pernah melakukan itu….
Akhir cerita ; sesampainya kami dipos pertama kami di sambut dengan senyuman bonk romli dan juga om ujang,lebih tepatnya bukan senyuman tapi tawaan ledekan karena melihat muka kami ber 3 yang memang sangat kelelahan,namun ledekan mereka membuat lelah kami berkurang “itu lah satu hal yang memang sudah ada sejak dulu,karena sebuah persahabatan salah satu dari penopang hidup manusia”makasih ya buat sahabat-sahabat gw,hehehe…. Kami melepaskan kepenatan di pos pertama dan melihat tim-tim lain yang berdatangan waktu itu kisaran pukul 4 sore,oh iya si uje dzu nya ga disebutin pas kami dating ya,dia katanya ketenda duluan ngantuk’….,tak lama setelah itu kami pun bergegas pulang ke tenda,karna kami lelah dan memang banyak membutuhkan istirahat,malam itu panitia mengosongkan jadwal atau tepatnya bebas tidak ada kegiatan atau pengarahan,malamnya tepat pukul 22.00 wib gw dan uje dzu turun kearah terminal gunung putrid,jarak dari camping ground kami ke terminal gunung putri berkisar antara 3-3,5 km,gag tau pastinya berapa… keadaan kaki yang masih agak linu karena tadi siang tidak mengurangi tekad kami sedikit pun walaupun suasana agak sepi dan mencekam dan ditambah sedikit agak gerimis,jadi horror she,haha’#ngaco….tapi beneran.setelah kami ber 2 sampai diterminal gunung putri kami mencari sebuah warung dan kami ber 2 pun singgah disana untuk melepas lelah dan membeli beberapa keperluan,namun tak disangka saat kami ingin kembali ke camping ground hujan deras mengguyur  hingga kisaran jam 11/ setengah 12…,kami ingin kembali namun kami sudah kelelahan dan  ngantuk,akhirnya kami ber 2 memutus kan tidur diwarung itu,namun keputusan yang kami ambil salah karena saat pagi harinya kami kembali ke camping ground nya kami melihat banyak tenda yang berubah tempat,ternyata hujan semalam membuat area camping ground kebanjiran,saat kami ber 2 kembali ke tenda, wakil ketua kami yang ikut menjadi peserta atau lebih dikenal dengan nama bonk roman memandang tajam kearah kami, gw yang sejujurnya mengerti mencoba mencairkan suasana dengan candaan dan juga cengiran gw,namun semua sia-sia’akhirnya kami berdua dinasehati dengan  emosi,yah gak apa-apa wajar kalo dia emosi,karena dia yang bertanggung jawab atas kami,akhirnya kami ber 2 hanya bisa diam sampai kisaran jam 8.00 pagi,waktu kembali ke camping ground kisaran waktu jam 6 pagi….yah lumayan diam-diaman nya sampe jam 8,hehehe….,jadi ngerasa ga enak sama anggota lain,jangan ditiru ya’,….
Setelah kami bermusuhan 2 jam,jiaah bermusuhan,hahaha…akhirnya obrolan pun mulai di buka,yah basa-basi dikit deh buat mencairan suasana…tgl 12-11-2012 pukul  setenga Sembilan setelah sarapan kami siap-siap/packing semua barang untuk bergegas mengikuti acara selanjutnya yaitu hiburan yang disediakan oleh panitia,mantapp dah…jam 9.30 kami turun kearah bescamp vanaprastha yang berada dibawah jarak dari camping ground kisaran 1 km,#gak berasa,hahaha
Kami menunggu hiburan dimulai hingga pukul 12,lama banget deh,sampe mandi dulu,ngopi dulu tapi asik karena suasa kondisi dan juga situasi mendukung jadi lama-lama juga ga akan bakal bosen,hiburan yang disediakan panitia yaitu adalah dangdut koplo,hahaha #haaasssyyyyyiiikkk,hiburannya sangat menyenangkan ditambah dengan tiga biduan berparas cantik dan juga seksi,hehe’.kini saat nya om ujangg ber aksi,dengan membawa uang lembar keatas panggung om ujang pun bergoyang ditemani musik dangdut dan juga para biduan cantik,#melepas penat,hahaha. Saat-saat yang ditunggu dating yaitu pengumuman pemenang dari lomba kebut gunung yang ke 10 yang diadakan oleh kelompok pencinta alam vanaprastha,para juara yang terpanggil satu persatu naik keatas untuk mengambil hadiah,total hadiah yaitu 25 juta,dibagi menjadi beberapa kategori.kami sempet berharap nama mapala kami disebut namun apa daya memang kami masih belum bisa untuk menjadi sang juara’tapi itu tidak mematahkan tekad kami untuk tetap mencintai alam dan juga menjaganya karena itu memang tugas seorang “mahasiswa pencinta alam”.dan sekalian juga untuk pengalaman dihari esok.setelah pengumuman selesai tepat  pukul 14.00 semua peserta diharap menuju mobil yang disediakan panitia untuk arah kembali ke Jakarta,jarak dari tempat hiburan ke mobil itu kisaran 2-3km deh,kemaren gak bawa meteran sih gw jadi ga sempet ngukur deh gw….$biarin aja lah.setelah semua peserta berkumpul kami memulai perjalanan kembali kejakarta,kisaran sampai di ibu kota Jakarta yaitu pukul 18.00 .
Itu memang melelah kan namun itu semua tidak terbandingkan dengan apa yang sering kita sebut dengan sebuah ‘kesenangan’….eh iya yang masalah sampah tadi tim kami berhasil mengumpulkan sampah kisarang berat 15 kilogram kurang lebih,namun saat kami melihat tim lain yang telah mengumpulkan sampah sebanyak-banyaknya akhirnya kami menawarkan sampah kami untuk tim lain,beruntung tim lain mau menerimanya jadi kami tidak terlalu banyak membawa beban saat kembali turun ke pos satu,dan ternyata saat pengumuman pemenang pembawa sampah terberat adalah 64 kilogram,bisa bayangin ga dari lembah surya kencana samapi bawah membawa sampah sebanyak itu,tapi dibagi menjadi 3 orang,tapi tetep aja,ya ga…..
Setidaknya walaupun sampai bawah kami hanya membawa sampah yang tidak terlalu banyak ,namu sepanjang pendakian kami telah membersihkan sampahnya bahkan hingga kelereng-lereng nya,soalnya waktu itu gw yang ngambilin….kok jadi pamer,hhaha’ok mungkin Cuma itu aja yang bisa gw tulis,berasa gila nulis sebanyak ini ,sedangkan gw gak pernah ngetik,selama hidup gw ketikan ini yang paling panjang,lah ko jadi cur hat’hahahaha

Ex:bang thole(cemungut eaaa)

0 komentar:

Post a Comment