Tugas KSI


Hoax Kematian 'Mr Bean' Bikin Wikipedia Kecele
Jakarta - Akhir pekan lalu, ranah media sosial digegerkan oleh kabar hoax kematian Rowan Atkinson. Banyak yang kaget dan kecele dengan kabar palsu tutup usianya 'Mr Bean' tersebut. Termasuk di antaranya Wikipedia. Ya, 'RIP Rowan Atkinson' sempat menjadi trending topic di Twitter pada hari Minggu lalu. Hal ini kian menghebohkan setelah pengguna Twitter banyak yang meretweet hoax tersebut, tanpa mencari kebenarannya lebih lanjut.

Bahkan situs ensklopedia online Wikipedia pun sampai tertipu dibuatnya. Hal ini setelah update pada halaman profil Rowan Atkinson di Wikipedia yang menyatakan bahwa kisah hidup artis asal Inggris ini cuma sampai 26 Februari 2012. Beruntung, Wikipedia langsung mengeditnya lagi. Hoax ini sendiri bermula dari kicauan tweeps asal Filipina yang bernama Michael Robert Meras. Pada hari Minggu pukul 11 siang, ia menuliskan 'RIP Rowan Atkinson'.

Rumor ini kian panas setelah postingan pengguna Twitter lainnya yang juga asal Filipina yang menyebut, "Saudara perempuanku sekarang tengah sekolah sambil bekerja di London. Ia juga mengkonfirmasikan hal itu. Tadi malam ia (Rowan Atkinson-red.) telah berpulang". Sontak, kabar ini menyebar dengan cepat. Meski pada akhirnya, Meras telah mengklarifikasi kicauan hoax-nya dan mengaku bahwa itu hanya lelucon. "Hentikan itu sekarang. Maaf, RIP Rowan Atkinson cuma sekadar lelucon. Maaf atas masalah ini, saya tak menyangka hal tersebut akan seperti ini efeknya," tulisnya. Twitter sendiri belakangan juga telah mengklarifikasi isu tersebut dan memastikan bahwa Sang 'Mr Bean' masih hidup. Berbagai tanggapan tentu bertaburan terkait kabar ini. Ada yang tertipu mentah-mentah, menyayangkan, menganggapnya juga sebagai lelucon, hingga mengecam si penyebar hoax. "Kita semua tahu Mr Bean bakal abadi," kelakar salah satu tweeps.

Ada pula yang mengklarifikasi bahwa 'R.I.P' yang dimaksud adalah 'Really Inspiring Person' bukan 'Rest In Peace' seperti yang sering digunakan untuk mereka yang berpulang. Namun tetap saja banyak yang tidak sreg dengan candaan ini. "RIP akan selalu bermakna Rest In Peace. Jadi hentikan penggunaan kata tersebut. Kalau mau gunakan saja VIP untuk menyebut Very Inspiring People!" timpal pengguna Twitter lainnya.

SOAL :Buat analisa terhadap berita diatas, apakah berita diatas masuk dalam karakteristik informasi yang baik yaitu timelines, accuracy, reduce uncertainly, element of surpraise.


0 komentar:

Post a Comment