EXPEDISI CIKURAY(AMPALA)



EXPEDISI CIKURAY-DALAM RANGKA UPACARA BENDERA
MEMPERINGATI 17 AGUSTUS 1945
AMPALA

Dimulai dari h-10 idul fitri,-
ada sekumpulan mahasiswa pencinta alam yang slalu ingin bercita-cita nama organisasi mereka dikenal dan terpandang diseluruh Indonesia(sok banget,tapi seriusan),mereka slalu saja memimpikan hal itu,meski umur organisasi pecinta alam itu baru menginjak sekitar satu tahun,mereka tidak pernah menyerah tuk menjadikan nama organisasinya di akui oleh semua oraganisasi pecinta alam di Indonesia,banyak perubahan anggota yang terjadi sejak berdirinya organisasi itu,mungkin faktor utamanya karena mahasiswa di perguruan tinggi itu kebanyakan adalah seorang karyawan,jadi hanya sebagian waktu yang bisa mereka relakan untuk membuat opsi dan skedjoel tentang bagaimana organisasi itu berjalan untuk kedepannya nanti,….namun semangat  semboyan mereka “menembus alam tanpa batas”tak pernah pudar dalam hati maupun fikiran mereka,mereka semua melebihi ikatan saudara ,’SAHABAT’ mungkin itu kata yang lebih cocok untuk mereka,walau umur organisasi itu sangat muda namun duka,suka,cerita,dan bahagia telah banyak mereka lewati,pengalaman-pengalaman mereka tak dapat diragukan lagi,mereka sosok-sosok yang mungkin suatu hari nanti akan sangat berpengaruh bagi  bangsa ini,karna yang gw pernah baca dari buku,bapak palang merah dunia namanya sir henry dunant pernah bilang “sebuah Negara tidak akan pernah kekurangan seorang pemimpin,apabila anak mudanya sering berpetualang dihutan,gunung dan lautan”……keren ga tuh quotation nya….lo pasti bakal bingung apa hubungannya ini semua sama judul Dimulai dari h-10 idul fitri,- gak apa-apa lah,itu tadi ringkasan tentang profil organisasi pecinta alam yang ada di kampus gw….haha(promosi)..

GO CIKURAY…
h-10 idul fitri,hampir semua orang yang ada didaerah Jakarta dan sekitarnya pasti akan bersiap untuk pulang kekampung halamannya,atau menciptakan opsi-opsi lain menjelang libur idul fitri ,mau kemana?mau liburan kemana? Banyak pertanyaan-pertanyaan tentang ingin kemana,dan ingin liburan seperti apa,semua menjadi PR bagi semuanya,entah itu kaula muda,tua dan juga remaja dan keluarga!
Di satu sisi yang berbeda, sebuah organisasi pecinta alam yang dibentuk oleh sekumpulan mahasiswa juga tak kalah dengan lainnya untuk membuat opsi dan skedjoelnya sendiri,dari beberapa anggota yang ada (karna yang lainnya sedang menikmati liburannya) hanya sebagian anggota yang mengikuti rapat acara untuk menentukan tujuan kemana mereka akan pergi.tak jauh dari kampus mereka ada sebuah warung angkringan yang sering mereka jadikan tempat untuk berkumpul.selain tempatnya yang dekat dengan daerah kampus tempat itu juga menyediakan makanan dan minuman yang enak” dan juga tempatnya yang asyik untuk nongkrong,berawal dari tawaran salah satu anggota yang hadir semua anggota yang berada dirapat itu segera menyetujuinya,
Malam semakin larut,akhirnya setelah beberapa jam berdebat terciptalah opsi dan skedjoelnya untuk liburan itu,Gunung Cikuray yang berada di garut jawa barat menjadi pilihan,karena disamping salah satu anggota yang rumahnya dekat dengan itu,mereka juga menginginkan suatu hal yang baru,akhirnya semua setuju untuk pergi ke garut,tanggal 15  agustus dijadikan hari keberangkatan organisasi pecinta alam tersebut,mengapa tanggal 15 agustus??? Yup,karena planning yang mereka buat bukan hanya untuk liburan semata,mereka juga merencanakan suatu yang sangat besar,rasa nasionallismme yang mereka miliki ingin diwujudkan dipuncak gunung itu,dengan mengikuti upacara bendera merah putih dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia 17 agustus 1945 ….AMPALA(Anapholis Mercusian Pecinta Alam) adalah nama oranisasi pecinta alam tersebut,terdiri dari beberapa mahasiswi dan para mahasiswa yang berada di kampus STMIK MERCUSUAR,sebuah perguruan tinggi yang berada didaerah jatiwaringin ,pondok gede bekasi…..
HARI KEBERANGKATAN
Tanggal 15 agustus ,16.00 wib, baru beberapa anggota yang berkumpul dirumah salah satu anggota anapholis sebut saja namanya @om ujang,@om ujang inilah yang kampong halamannya tak jauh dari gunung cikuray,dan dia juga pencetus ide untuk menjelajahi gunung tersebut ,tak berselang lama satu demi satu anggota mulai berdatangan,hingga pukul 20.00 wib akhirnya semua berkumpul,setelah semua berkumpul diadakan pengecekan tentang apa yang ingin dibawa.perlengkapan dan juga logistik dipersiapkan untuk keberangkatan,20.30(melenceng dari jadwal)meski melenceng dari jadwal namun semangat tetap membara,setelahh semua siap akhirnya kami pun berangkat,namun sebelum itu,seperti biasanya wakil ketua di organisasi kami ,panggil saja namanya @bonk romli,dia mengajak kami semua untuk berdoa,mengingatkan kembali bahwa didunia ini kami bukan apa-apa,kami hanya maklhuknya yang tak berdaya dan lemah,hanya kepada-nya lah kami memohon perlindungan,setelah selesai kami pun dengan semangat berjalan bersama merncari kendaraan untuk di tumpangi,waktu itu kami sengaja tidak menyewa mobil,kami memilih naik satu persatu mobil angkutan umum hingga sampai di tujuan,itu kami pilih agar lebih bisa menikmati petualangan ini,21.00 wib kami sampai di daerah kampung rambutan,kami menunggu bis yang akan kami tumpangi nanti,banyak calo yang menawari kami bis” namun tujuannya tidak sesuai dengan tujuan kami,tak lama berselang akhirnya bis yang kami tunggu telah datang,lalu kami semua bergegas naik,….didalam bus terlihat lenggang,banyak tempat duduk yang kosong,dikarenakan pada tanggal itu masih berkenaan dengan libur idul fitri,kami semua melewatkan beberapa menit didalam bus untuk bercanda, tak lama kami semua memilih beristirahat …..

Di Terminal Garut
01.00  wib,Setelah 4 jam perjalanan akhirnya kami sampai juga diterminal garut  jawa barat,suasana yang sepi dan dinginnya malam itu, menambah serunya petualangan kami,terlihat 2 pernjaga yang ber ada di pos ke amanan terminal,kami yang sedang menunggu jemputan di persilahkan untuk menunggu didalam pos yang cukup lebar,karena suasana malam itu memang lebih dingin,dan apa lagi kami baru saja menempuh jarak yang lumayan panjang,kami beranggotakan 13 orang yang terdiri dari 5 orang wanita dan 7 orang pria,dan 1 yang perlu dipertanyakan jenisnya,haahaha(kiding) dan 8 orang pria,beberapa menit kemudian terlihat mobil cary yang menghampiri kami,keluarlah seorang paruh baya,dan ternyata dia adalah paman dari saudara @om ujang,kami pun dipersilahkan naik,mobil carry yang hanya muat untuk kisaran 9 orang itu dipaksakan tuk muat 13 orang plus tas carier dari masing” anggota,akhirnya kombinasi 3-6-5+cerier pun diterapkan yang artinya 3 orang di bangku depan,6 orang di bangku tengah dan 5 orang plus tas cerier ada di jok bagaian belakang,(tak bisa di bayangkan)maka jangan dibayangkan tapi lakukan,haha,itu sangat mengasyikan “satu untuk semua semua untuk satu”…haha keren banget pokoknya deh’pengalaman yang ta akan pernah hilang’….
01.30 wib,kami sampai dirumah saudara @om ujang,berhubung sudah terlalu larut dan takut mengganggu orang tua dan tetangga @om ujang kami pun meminjam vila saudara @om ujang yang tak jauh dari tempat tinggal @om ujang,saat melihat tempat itu kami sempat takjub karena besar dan indahnya tempat itu hingga ada teman kami yang bicara #tabok @om marsya…’ya udah deh gw disini aja,lo aja dah yang pada nanjak,gw mending disini’ itu sepenggalan kata yang gw dengar dari salah satu anggota ampala kami,sebagian dari anggota memilih beristirahat,yang lain ada yang memasak air untuk membuat cofe dan ada yang menonton tv menggunakan hp dengan aplikasi tv didalamnya,(sibuk masing-masing)….
Bersambut Kabut
05.30_WIB.Sebagian anggota ada yang sudah terbangun dan ada yang masih berisitirahat,pagi itu suasana nya sungguh sangat indah,didepan kami terdapat kolam ikan yang begitu lebar ditambah pemndangan gunung ,desiran kabut dan angin pagi dan juga cahaya jingga dari sang mentari yang baru menampakan dirinya,menjadikan suasana pagi itu menjadi sangat indah,bahkan menjadi suatu hal yang taka bisa di jelaskan hanya dengan kata-kata,tak lama berselang para anggota ampala kami terbangun semua,mereka semua bersiap-siap untuk menuju kaki gunung cikuray yang jarak dari vila kami kira-kira 1 jam perjalanan menggunakan mobil,setelah kami siap tepat pukul 08.00 pagi,akhirnya yang ditunggu pun datang juga ,yaitu mobil yang kami charter untuk mengantarkan kami pergi ke kaki gunung cikuray,jika di semeru menggunakan jip kami di cikuray menggunakan mobil bak terbuka,tak kalah serunya,45 menit perjalanan yang sangat menyenangkan kami tiba di daerah kebun teh tepat dikaki gunung cikuray,pemandangan yang disuguhkan mat sangat luar biasa indah nya,bukit-bukit kecil berbalut hijaunya daun teh,suasana yang begitu damai,udara yang  begitu dingin dan bersambut kabut yang amat tebal,semua itu adalah anugerah yang sangat besar dari ALLAH SWT untuk para manusia,yang terlintas saat itu hanya terpaku terdiam dan takjub akan apa yang kami lihat,diatas mobil bak terbuka kami ber 12,karna yang satu menemani driver mengemudi.,waktu itu rasa kami tercampur menjadi satu,kami hanya bisa bersyukur atas apa yang kami terima,para sahabat yang keren-keren,limpahan syukur dan nikmat(asli gw bingung mau ngetik apa) next aja…..
Dikaki Gunung Cikuray
09.00,Kami akhirnya sampai di kaki gunung cikuray,waktu itu kabut sangat tebal,hinga jarak pandang hanya mencapai 10 meter saja(gw ga ukur,Cuma diperkirakan) di stasiun pemancar ini lah pos awal pendakian berada,ternyata banyak pendaki yang sudah berada di pos awal,kami yang ingin mendaki lebih awal tak bisa melanjutkan opsi yang telah ada,karena kami tak ingin mengambil resiko yang ada,pukul. 12.30 siang mulailah terlihat gunung cikuray yang terlihat megah dan kokoh dari pos pertaman ini,atau lebih sering disebut pos pemancar……kami pun bersiap untuk mendaki,sebelum itu seperti biasa kami slalu berdoa,kami tak lupa siapa kami,setelahnya kami pun bergegas mendaki,banyak yang telah mendahului kami, terlihat dari pendakian tim kami tak bertemu satu pun pendaki yang naik,kebun the yang kami lalui jadi satu penyambutan dramatic dari kaki gunung cikuray,kemudian disusul tanjakan cinta seperti disemeru dan akhirnya disambut dengan hutan tropis ala pegunungan Indonesia tercinta.pos 1,pos 2,pos 3,pos 4 dan akhirnya sampai lah kami di pos 5 tepat pukul 17.30 petang,tim kami yang terdiri dari 3 orang di tugaskan untuk mencari tempat untuk mendirikan tenda,kami banyak menemukan hambatan disini,dimulai dari penuhnya setiap pos oleh pendaki,dan tenda” yang telah berdiri,sebagian teman kami yang tertinggal jauh dah para wanita yang mulai lelah,di pos 6 @om ujang meminta kami berhenti,dia sendiri melanjutkan pendakian untuk mencari tempat,setelah beberapa lama dia kembali,namun dengan raut wajahnya yang kecewa bercampur lelah,dia hanya menemukan tempat untuk satu tenda,dengan medan yang agak sedikit agak  menurun,9 anggota beristirahat di pos 5,berbagi cerita dengan pendaki lain yang berasal dari Jakarta timur,kami memutuskan untuk mendirikan tenda sebelum pos 6,meski medan nya tidak rata ,tak ada pilihan lain !melihat wanita yang sepertinya mulai lelah kami pun memutuskan ,gw beserta @om bryan diberikan tugas untuk menjemput anggota yang tertinggal namanya 1.@masrsya  chupid 2.@uje dzu 3.@dhika saputra,SEPERTINY MEREKA MULAI LELAH,kemudian sisa anggotanya diperintahkan untuk mengikuti @om ujang dan juga @bonk romli untuk menuju pos enam,tempat untuk mendirikan tenda….
2 PENYELAMAT…..
18.00,kami berdua ditugaskan untuk menjemput anggota kami yang tertinggal,saya @bang thole dan teman saya @om bryan bergegas turun kembali untuk menemukan sisa anggota kami yang tertinggal,pos 4 telah terlewati namun kami belum melihat keberdaannya,hingga akhirnya kami menemukannya tak jauh sebellum pos 4,lalu kami berdua bergabung bersama mereka,bagi kami selelah apa  pun,se capek apapun sahabat adalah segalanya,kami pun kembali beranjak naik,sedkit demi sedikit namun pasti.di pos 4 kabut pun mulai turun,ternyata teman kami yang tertingga ada masalah di betisnya,yang satu sangat lelah,hingga saat duduk sebentar pun dia tertidur,pencahayaan yang kami bawa sangat kurang,setelah sampai di pos 5 akhirnya kami istirahat sejanak dan merencanakan bagaimana nantinya,kami pun disuguhi makanan dan minuman oleh pendaki lain yang berada di pos 5,tak berselang lama karena teman kami tak bisa menerusan perjalanan akhirnya kami ber dua memutuskan untuk naik kembali,dan meninggalkan mereka bersama pendaki lainnya di pos 5,mereka bertiga memilih menginap bersama mereka. 20.00WIB,kami berdua melanjutkan perjalan menuju pos 6,dengan pencahayaan seadanya kami menembus pekatnya malam berselimut kabut yang tebal dan curamnya jalanan menuju ke pos 6, 20 menit berlalu akhirnya kami  pun sampai juga di tenda teman” kami,’saat kami sampai baru satu tenda yang berdiri,@bonk romli sedang membuka lahan untuk tempat tenda,kami pun yang baru datang lekas membantu dan member penjelasan kepada mereka @bonk romli dan juga @om ujang,akhirnya mereka ber 2 mengerti,5 menit berlalu tenda pun akhirnya berdiri meski degan kemiringan 40 derajat….kemudian saya memilih ber istirahat sedangkan teman” lainya entah memasak apa…..dalam tenda itu dengan kemiringan 40 derajat plus tanah yang tak rata akibat bekas ranting pohon membuat tidur saya dilemma,entah bagaimana dengan tiga orang yang disana…..
Mengarah Ke Puncak,Samudra Langit,Negri Atas Awan
05.00WIB.-Kami semua terbangun (karena memang waktu itu tak bisa tidur,kalo gw nyenyak banget)sebagian ada yang memasak untuk sekedar isi perut,lainnya bersiap mengarah kepuncak,-06.00 kami semua bergegas mengarah kepuncak ,kami sempat bertanya-tanya bagaimana dengan tiga teman kami,namun kami percaya pada mereka dan memutuskan akan menunggu mereka di puncak gunung nanti,perjalanan yang lumayan agak jauh itu sangat mengharukan,berharap bisa mengikuti upacara bendera di atas sana,pukul 07.00 kami belum mencapai puncak cikuray itu membuat saya dan teman-teman galau karna takut telat mengikuti upacara bendera 17 agustus….saat kami bertemu pendaki lain yang telah turun,kami bertanya apakah upacara nya telah usai atau bagaimana,jawaban yang menyedihkan, di atas sana tak diadakan upacara bedera,karena terlalu penuh oleh tenda-tenda para pendaki,memang semangat waktu itu sedikit agak berkurang,namun apa daya,tak ada pilihan selain melanjutkan,-07.30 Sampailah kami di puncak gunung Cikuray dengan ketinggian mencapai 2821 MDPL ,saat kami baru tiba sambutan yang sangan megah diberikan untuk kami,awan yang terbentuk rata bagai tanah yang bisa untuk di pijak,negri atas awan,teriakan itu benar-benar cocok untuk semua ini, dan juga samudra langit,bagai laut yang ber ada di langit……semua lelah dan perjuangan slama ini terbayar,terbayar dengan ke agungan alam yang telah –DIA ciptakan untuk para manusia,alam yang indah,keindahan yang tak ternilai harganya,keindahan yang hanya TUHAN semesta alam lah yang bisa menciptakan,keindahan yang tiada tara,yang slalu membuat kami ingin kembali dan kembali lagi…….terimakasih untuk semuanya ya ALLAH…..,
pukul 08.20 akhirnya tim ter akhir tiba,mereka yang kami tunggu-tunggu dan kami yakin mereka bisa akhirnya mereka tiba 3 brother,salah seorang dari mereka @dhika saputra dia langsung diserbu oleh para wanita,dia bingung karna saat pertama yang ia dapatkan sampai dipuncak adalah teriakan dari para wanita,para wanita itu berteriak “LOGISTIK,LOGISTIK”,hahaha….._’keihatannya mereka mulai lapar’’,,….kata-kata itu menjadi teman saat perjalanan kami ,menjadi penyemangat dan canda gurau #efek iklan…..09.00 setelah dirasa cukup untuk semuanya kami memutuskan untuk kembali…
Saat Kembali…
Perjalanan kembali pun menjadi suatu kisah tersendiri,namun itu lebih cepat dibandingkan saat mendaki,melewati akar-akar pohon,menuruni turunan curam yang berbatu,dan banyak hambatan” lainnya yang terparah adalah air,karena memang disana tak ada air kecuali di pos 2 . hany itu……hanya ingatan yang mampu mengenang semua itu,bahkan tuisan ta akan mampu menjadi kannya sebuah gambaran yang nyata,semuanya akan menjadi ikatan yang ta akan pernah terputus ,sampai pada akhirnya tetap alam ini,gunung,lautan,udara,haparan sawah kebun teh dan semuanya tentang alam akan abadi didalam sanubari----
Open file….cokelat….Bendera Selected…play….bendera coklat—untuk tanah air ku,Indonesia raya

Biarlah sang waktu yang merekam semua canda tawa kita di gunung cikuray garut,jawa barat

0 komentar:

Post a Comment