Pengertian Virtual memory

Virtual memory merupakan semua fitur yang ada dalam sebuah sistem operasi. Fitur ini disediakan sebagai media yang digunakan sebagai cadangan jika sewaktu-waktu komputer kahabisan RAM utama. Agar tidak crash maupun hang, maka kekurangan RAM utama akan digantikan oleh perangkat yang dinamakan virtual memory ini.
Pengertian dari Virtual memory itu sendiri yakni memori sementara yang digunakan komputer untuk menjalankan berbagai program aplikasi ataupun menyimpan data yang membutuhkan memory yang lebih besar dari memory yang telah tersedia ( Memory fisik seperti RAM). Program ataupun data yang tidak muat dimasukan pada memory asli ( RAM ), akan disimpan ke dalam sebuah Pagging File.
Pengertian Pagging file ialah data yang hanya disimpan sementara atau bisa disebut swap. Pada sistem operasi linux kita diharuskan untuk membuat dua partisi utama yaitu untuk system dan untuk swap. Virtual Memory ini Berbeda halnya dengan Memory fisik seperti RAM, karena ram merupakan komponen yang termasuk kedalam golongan hardware.
Walapun dalam kenyatannya Virtual Memory ini disimpan di harddisk, tetapi kerjannya itu tidak tampak, artinya berjalan secara software namun disimpan dihardware. Data yang disimpan ini tidak dapat bertahan lama, dalam artian hanya saat di gunakan saja. Dan bila komputer dimatikan, data data yang tadinya ada di virtual memory akan hilang.
Jadi Fungsi Virtual Memoryialah untuk mengoptimalkan kinerja dari komputer, dengan tambahan memory, maka kemungkinan terjadi crash sangat kecil sekali. Ukuran dari paging file biasanya berbeda – beda, kalau ukuran paging file linux ialah 2 kali lipat dari memory aslinya. Misalkan kita memakai memory berkapasitas 512 MB, maka ukuran paging filenya yaitu 1 GB. Walaupun tidak harus 2 GB, tapi untuk memaksimalkan kinerja maka sebaiknya 2 kali lipatnya.
Dan untuk Ukuran Paging file Di windows XP dan Vista Yaitu 1,5 kali dari kapasitas aslinya. Misalkan kita menggunakan memory sebesar 1 GB, maka paging filenya sebesar 1,5 GB. Dalam Xp maupun Vista paging file ini dinamai dengan pagefile.sys bila anda ingin mencarinya, pasti tidak akan ketemu, karena file ini disembunyikan atau hidden files.

Cara Menambah Virtual Memory
Jika Anda bosan melihat komputer Anda lambat, setiap kali Anda mulai beroperasi beberapa program pada sistem operasi Anda, anda saatnya sekarang belajar bagaimana meningkatkan memori virtual dari komputer desktop atau laptop. Meningkatkan memori virtual pasti akan mempercepat pekerjaan. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan prosedur tentang bagaimana meningkatkan memori virtual pada Windows XP dan sistem operasi Windows Vista.


What is Virtual Memory?


Sebelum menyebutkan langkah-langkah tentang bagaimana untuk meningkatkan memori virtual, akan menarik untuk memahami bagaimana sistem operasi programmer telah mencapai penggunaan memori dengan konsep memori virtual.


Mari kita mencoba untuk memahami apa itu virtual memory dan bagaimana cara membantu dalam mempercepat operasi komputer. Otak Komputer adalah 32-bit atau 64 - bit (AMD atau Intel) prosesor. Prosesor memerlukan cara kerja memori untuk menyimpan data yang berkaitan dengan program-program yang dijalankan. Untuk tujuan ini, RAM (Random Access Memory) digunakan. RAM adalah memori kerja dari komputer dan ukurannya mempengaruhi berapa banyak beban kerja atau pemrosesan beban, sebuah komputer dapat menangani, pada suatu waktu. Jika bukan karena memori virtual, komputer akan menutup telepon setiap kali Anda memulai banyak program pada satu waktu dan pengelolaan melampaui beban kerja dari RAM.


Di sinilah konsep memori virtual yang disebut RAM, tetapi secara fisik ada pada hard disk komputer. Dengan penggunaan memori virtual, RAM dapat memindai wilayah memori yang tidak digunakan pada saat ini , menambahkan ruang RAM tambahan untuk multitasking. Memori RAM disimpan pada hard disk dalam bentuk file halaman yang disebut 'pagefile.sys' dan secara otomatis disimpan dan diambil oleh RAM . Namun, memori virtual tidak dapat menggantikan RAM dan hanya dalam kasus-kasus keadaan darurat, sehingga dapat diandalkan dan yang bentuknya dalam ukuran kecil. Jika komputer harus terus-menerus jemput data, antara hard disk dan RAM (dalam proses yang disebut labrakan), bekerjanya melambat. Jadi, Anda harus memiliki RAM yang cukup sesuai dengan jumlah multitasking yang Anda butuhkan untuk melakukan dan jika? beban kapasitas RAM, membengkak Anda selalu memiliki memori virtual untuk menyimpannya pada? hari itu juga! Pada bagian berikutnya, kita akan melihat prosedur untuk meningkatkan memori virtual.


Cara Meningkatkan Memori Virtual di Windows XP?


Meskipun versi yang lebih baru dari sistem operasi Windows telah datang, banyak orang terus bekerja dengan Windows XP sebagai itu sangat stabil. Berikut adalah langkah-langkah sederhana bagaimana meningkatkan memori virtual di sistem operasi Windows XP.


Klik kanan dengan mouse pada 'My Computer' icon dan pilih option 'properti' . Selanjutnya klik pada 'Advanced' tab dan dalam 'Performance', klik pada 'Setting'. Dalam berbagai pilihan setting klik tombol change di samping 'Virtual Memory'. Kemudian masukkan jumlah kapasitas memori yang ingin Anda alokasikan sebagai memori virtual. tingkatkan nilai default dengan kapasitas 100 MB pada start dan melihat apa efeknya terhadap kinerja memory. Setelah itu Anda harus me-restart komputer.


Cara Meningkatkan Memori Virtual di Windows Vista?


Untuk Windows Vista, sistem operasi, di sini adalah bagaimana Anda dapat meningkatkan ukuran memori virtual. Klik kanan pada 'My Computer' dan pilih 'Properties' pilihan. Klik pada 'Advanced System Settings'. Pada jendela yang akan terbuka, di bawah 'Advanced' tab, klik setting. Di sana, lalu di bawahnya pada tombol 'Advanced' tab, klik pada 'change' tombol, under bagian 'Virtual Memory'. windows lain akan muncul. Hapus tanda centang pada kotak centang?'Automatically manage paging file size for all drives'. Pilih 'Custom' dan masukkan jumlah memori virtual ukuran yang Anda inginkan. Dua entri akan harus dibuat dalam mega byte. Salah satunya adalah 'Initial Size' dan yang lain adalah' 'Maximum Size'. Kemudian klik 'Ok' dan restart komputer Anda untuk memperoleh pengaturan tersebut yang akan memakan effect.

Sumber : Infotekno.co.id
List of Article


0 komentar:

Post a Comment